7+ Cara Memelihara Hewan Reptil dengan Baik

Meskipun sebagian masyarakat akan takut jika berjumpa dengan jenis hewan reptil, ternyata ada kelompok masyarakat yang mencintai reptil bahkan menjadikan hewan reptil sebagai hewan peliharaan. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadikan reptil sebagai hewan peliharaan, berikut cara memelihara hewan reptil dengan baik.

Memelihara Reptil


Reptil merupakan hewan berdarah dingin yang banyak ditakutkan dan harus dihindari. Meski terkesan liar dan tak ramah, reptil banyak dipelihara untuk sekedar hobi maupun untuk dikembangbiakkan guna keperluan bisnis.

Perawatan hewan reptil hampir mirip dengan perawatan jenis hewan lain. Dengan sedikit ketelatenan dari pemilik, hewan reptil yang semula liar dan galak akan berangsur menjadi lebih jinak. Beberapa hewan reptil memang tetap memiliki sifat liar, seperti hewan ular kobra ataupun jenis kura-kura air, tapi dengan pemeliharaan reptil yang baik akan meningkatkan kesejahteraan hewan dan meningkatkan harga jualnya.

Tips Memelihara Hewan Reptil


Setidaknya berikut ini beberapa tips yang dpat dijadikan pedoman ketika akan memelihara hewan reptil, antara lain adalah sebagai berikut;

Mengetahui Karakter dan Tingkah Laku Reptil

Reptil merupakan jenis hewan yang unik. Meskipun memiliki ciri khas berjalan dengan cara melata dan sama-sama berada di kelas reptilia, beberapa jenis spesies dari hewan reptil ini memiliki karakter dan tingkah laku yang berbeda.

Agar Anda tidak salah dalam merawat hewan reptil, Anda perlu mengetahui karakter dan tingkah laku reptil yang akan Anda pelihara.

Dengan mengetahui karakter reptil akan membantu Anda dalam perawatan reptil. Selain itu, mengetahui karakter reptil juga akan membantu Anda menghindari serangan berbahaya dari reptil yang dipelihara. Pengetahuan mengenai karakter reptil ini sendiri bisa Anda dapatkan dari beberapa komunitas reptil atau Anda bisa mencarinya dengan berselancar menggunakan internet.

Sedangkan dengan mengetahui tingkah laku reptil akan membantu Anda dalam mengetahui kebiasaan tidur hingga kebiasaan buang air. Meskipun Anda memiliki berbagai jenis spesies reptil dengan ordo yang sama, tingkah laku antar spesies tidak bisa disamaratakan.

Misalnya saja Anda memelihara ular jenis king kobra dengan ular kadut. Meskipun sama-sama berjenis ular, tetapi antar spesies tersebut memiliki tingkah laku yang berbeda.

Membuat Kondisi Kandang Sesuai Habitat Asli

Tidak semua jenis reptil memiliki proses adaptasi yang cepat. Biasanya reptil akan mengalami stres ketika baru dipindahkan ke kandang baru, terutama bagi reptil yang diambil dari alam bebas.
Memanipulasi kandang atau tempat tinggal reptil seperti habitat aslinya akan membantu reptil tumbuh dan berkembang dengan baik.

Hal ini menjadi salah satu cara memelihara hewan reptil dengan baik karena akan memperpanjang usia reptil seperti di lingkungan aslinya.

Kandang yang menyerupai habitat asli akan membuat reptil seperti berada di habitat yang sesungguhnya. Misalnya saja kura-kura sulcata, jenis hewan kura-kura darat yang lebih menyukai tinggal di sekitar rerumputan.

Kura-kura sulcata akan lebih menyukai tinggal di kandang yang terdapat banyak rumput, dimana rumput merupakan makanannya dibandingkan jika harus tinggal di sebuah kotak yang hanya diberikan pakan dan minum.

Beberapa jenis reptil bahkan tidak mampu bertahan hidup dengan lama ketika tidak berada dalam habitat aslinya. Misalnya saja jenis ular naga yang tidak dapat bertahan hidup atau hanya dapat bertahan hidup dalam waktu singkat saat menjadi binatang peliharaa.

Pemberian Pakan dan Minum Secara Teratur

Jenis hewan reptil memiliki kebiasaan makan yang berbeda dengan jenis reptil yang lain. Sebagian reptil, terutama yang memakan jenis pemakan tumbuhan atau herbivora memiliki jadwal makan yang sama seperti manusia.

Sedangkan pada jenis reptil pemakan daging atau karnivora biasanya memiliki jadwal makan antara 1 hari hingga 7 hari setiap kali makan.

Selain memperhatikan jadwal makan reptil, Anda juga harus memperhatikan jenis makanan reptil yang dipelihara. Jenis makanan reptil perlu disesuaikan dengan habitat aslinya. Misalnya saja ular kobra yang memangsa jenis hewan lain, seperti tikus akan berbeda dengan jenis king kobra yang memangsa jenis ular lain atau kanibal.

Pemberian minum untuk reptil pun tak kalah pentingnya dengan pemberian makanan reptil. Terlebih reptil lebih menyukai tempat yang lembab dan jika mengalami dehidrasi tentu saja akan mengganggu kondisi kesehatan reptil tersebut.

Membersihkan Kandang

Kebersihan kandang menjadi faktor kunci kesehatan reptil yang Anda pelihara. Terlebih bagi reptil yang memiliki ukuran feses relatif besar, misalnya saja kura-kura sulcata. Dengan membersihkan kandang secara teratur akan membantu reptil merasa nyaman berada di dalam kandangnya. Selain itu, bagi pemilik reptil juga tidak akan merasa terganggu dengan bau kandang yang menyengat.

Ada baiknya membersihkan kandang reptil bagi reptil yang berukuran besar dilakukan setiap hari sekali. Cara memelihara hewan reptil dengan baik ini akan membantu menjaga daya tahan tubuh reptil, sehingga reptil mampu bertahan hidup dan tidak gampang sakit.

Berbeda dengan jenis reptil yang ditempatkan pada kotak atau akuarium, misalnya jenis ular atau kura-kura air. Selain memiliki ukuran feses yang tidak terlalu besar, kandang jenis reptil ini cukup dibersihkan antara 3 hari hingga satu minggu sekali. Selain untuk menjaga kebersihan kandang, ternyata membersihkan kandang reptil secara rutin juga menghindarkan reptil dari kondisi stres yang akan mengganggu kesehatannya.

Memperhatikan Kesehatan Hewan Reptil

Kesehatan reptil menjadi hal yang perlu diperhatikan saat memelihara hewan reptil. Kesehatan hewan reptil yang baik akan mendukung kelangsungan hidup reptil. Selain memperhatikan kebersihan kandang dan memperhatikan makanan reptil, Anda juga bisa memberikan vitamin pada reptil. Pemberian vitamin pada reptil akan membantu memelihara daya tahan tubuh reptil.

Kondisi kesehatan reptil yang baik akan membuat reptil mampu bertahan hidup. Meskipun kesehatan reptil tidak sekompleks kesehatan jenis hewan lain, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan reptil dengan cara memeriksa kesehatannya secara rutin.

Menjemur Secara Rutin

Reptil merupakan jenis hewan yang menyukai kondisi lembab. Tetapi ada kalanya Anda juga harus memperhatikan kondisi kelembaban tubuh reptil. Meskipun reptil merupakan jenis hewan berdarah dingin, Anda tetap harus menjemur hewan reptil Anda di bawah sinar matahari.

Hal ini dikarenakan reptil merupakan jenis hewan yang tidak mampu menghasilkan panas dari tubuhnya sendiri. Sehingga memerlukan bantuan sinar matahari.

Menjemur hewan reptil juga akan membantu menjaga kondisi kesehatan reptil. Selain dapat mencegah timbulnya jamur pada kulit reptil, menjemur kulit reptil secara rutin juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh reptil tersebut.

Cara memelihara hewan reptil dengan baik ini bisa Anda lakukan setiap hari dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Misalnya untuk jenis ular Anda bisa menjemurnya hingga 15 menit sehari. Sedangkan bagi jenis kura-kura bisa Anda jemur ketika kura-kura sedang menikmati rumput di pagi hari.

Menjemur reptil juga baiknya dilakukan di pagi hari yang Anda ketahui sendiri sinar matahri pagi juga baik untuk jenis hewan reptil. Anda bisa menjemur reptil di pagi hari bisa dilakukan antara pukul 07.00 hingga 10.00 untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari.

Memandikan Hewan Reptil

Kebersihan tubuh reptil juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan dalam memelihara hewan reptil. Selain dengan menjemur reptil secara rutin, Anda juga perlu memandikan reptil secara teratur. Meskipun beberapa reptil tidak perlu dimandikan secara teratur setiap harinya, beberapa reptil justru lebih senang dimandikan setiap hari. Misalnya saja jenis kura-kura darat.

Memandikan reptil pun cukup mudah dilakukan. Selain hanya menggunakan air mengalir, memandikan reptil juga tidak membutuhkan sampo khusus reptil. Anda hanya perlu membersihkan tubuh reptil agar kotoran yang menempel pada pada tubuh reptil bisa hilang.

Meskipun begitu, beberapa jenis reptil yang memiliki cangkang memerlukan perlakuan khusus saat dimandikan. Misalnya saja, cangkang kura-kura harus disikat untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada cangkang.

Perlakuan saat memandikan reptil tentu saja berbeda dengan jenis reptil yang lain. Beberapa reptil hanya perlu disemprot dengan air untuk menghilangkan kotoran pada kulitny. Hal ini biasa dilakukan pada reptil yang berukuran kecil, seperti tokek ataupun jenis ular berukuran kecil.

Meskipun banyak jenis hewan reptil yang bisa dijadikan hewan peliharaan, Anda tetap harus memperhatikan apakah jenis reptil tersebut termasuk hewan yang dapat dijadikan hewan peliharaan atau bukan.

Dengan memelihara reptil secara baik akan membantu reptil memperoleh kondisi yang membuatnya nyaman seperti di habitat aslinya. Semoga informasi mengenai cara memelihara hewan reptil yang baik di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "7+ Cara Memelihara Hewan Reptil dengan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel